Harga Kopi Arabica ICE Melompat 3 Persen Terdukung Penguatan Real Brazil

Harga kopi arabika ICE naik di akhir perdagangan Kamis dini hari (05/01), terpicu penguatan mata uang Real Brazil.

Kenaikan kopi Arabika didorong oleh penguatan mata uang Real Brasil, yang naik 1 persen terhadap dolar, menghalangi penjualan produsen pada pasar mata uang dolar internasional.

Penguatan Real Brazil adalah sentimen bullish untuk harga komoditas dalam mata uang dolar AS, membuat ekspor kurang menarik dalam mata uang lokal. Brasil adalah produsen top dunia dari kopi.

Harga kopi arabika berjangka di penutupan perdagangan dini hari tadi mengalami penguatan. Harga kopi arabika berjangka bulan Maret 2017 naik sebesar 4,40 dollar atau setara dengan 3,20 persen dan ditutup pada posisi 1.4180 dollar per pon.

Malam nanti akan dirilis data ISM Non Manufacturing PMI dan Markit Services PMI Desember yang diindikasikan menurun. Jika terealisir akan melemahkan dollar AS.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bahwa harga kopi arabica berjangka untuk perdagangan selanjutnya berpotensi positif dengan pelemahan dollar AS. Harga kopi arabika berjangka di ICE Futures New York berpotensi untuk mengetes level Resistance di posisi 1,4500 dollar dan 1,4800 dollar. Sedangkan level Support yang akan dihadapi jika terjadi penguatan ada pada posisi 1,3900 dollar dan 1,3600 dollar.

Sumber : vibiznews.com (djok)

Bagikan:

Submit to FacebookSubmit to Google PlusSubmit to Twitter