Reboisasi, FKH dan PTPN XII Gelar Tebang Satu Tanam Seribu Pohon

KEDIRI| duta.co -Atas kasus ilegal Logging dilakukan PT. Empat Pilar Anugerah Sejahtera (EPAS), dikhawatirkan mengurangi pasokan oksigen untuk kebutuhan jutaan manusia di Kediri, Forum Kediri Hijau (FKH) bekerjasama dengan PTPN XII Ngrangkah Sepawon menggelar reboisasi bertema Tebang Satu Tanam Seribu Pohon, pada Minggu besok.

Ratusan relawan dari sejumlah komunitas merasa terketuk hatinya, dipastikan akan berpartisipasi pada acara ini.

Dijelaskan Agus Muhammad Naf’an Shalahuddin, Pelindung FKH, bahwa acara reboisasi ini rangkaian dari pengajian bertema Sedekah Bumi, digelar Rabu lalu.

“Setelah kita berdoa bersama dan menyatukan niatan untuk menjaga kelestarian alam. Pada Minggu besok, kita wujudkan tindakan nyata,” jelas Gus Naf’an sapaan akrabnya, Jumat (5/1) saat dikonfirmasi.

Sejumlah komunitas anak muda hingga para penghoby fotografi, dipastikan akan turut dalam acara penghijauan nanti.

“Namun perlu diketahui, pada Sabtu malam kami sengaja akan menghibur warga setempat, dengan memutarkan film sebagai bentuk edukasi dan menambah wawasan mereka. Sejumlah relawan juga akan memasang tenda, karena ingin berbaur dan berbagi penderitaan bersama warga khususnya di Dusun Damarwulan,” jelasnya.

Kegiatan positif ini ternyata mendapat dukungan dari Manager PTPN XII, Yudi Kristanto, mengaku bahwa pihaknya merasa terbantu atas digelarnya reboisasi ini.

“Bukan hanya warga di perkebunan kami, namun warga tinggal di Kediri, tentunya juga membutuhkan oksigen dan udara yang segar. Bila kemudian pohon ditebangi dan hutan menjadi gundul, bagaimana dengan nasib anak cucu kita kelak,” ungkap Manager Ngrangkah Sepawon, saat memberikan sambutan dalam acara Sedekah Bumi.

Terkait permasalahan hukum, Kapolsek Puncu AKP Fuadi pada acara pengajian, meminta masyarakat untuk tidak terpancing dalam kasus penebangan ini.

”Kasus ini telah ditangani Polres Kediri, kami mengawal Bapak Manager saat melapor kesana. Mari kita jaga keamanan dan ketertiban, bahwa kasus ini telah ditangani oleh pihak berwajib,” jelasnya.

Sumber : duta.co (djk)

Bagikan:

Submit to FacebookSubmit to Google PlusSubmit to Twitter